Jemaah Haji Kloter 16 Tak Utuh Pulang, Ini Kata Kemenag Sulsel

Jemaah Haji di Asrama Haji Sudiang Makassar
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Jemaah haji kelompok terbang (Kloter) 16 Embarkasi/Debarkasi Makassar tiba di Tanah Air pada pukul 11.20 WITA, Kamis 11 Agustus 2022. 

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Dalam prosesi penerimaan dan penyerahan jemaah yang berlangsung di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, terungkap bahwa jumlah jemaah haji kloter 16 ini tidak utuh kembali ke Tanah Air sebagaimana ketika diberangkatkan ke Tanah Suci pada 28 Juni 2022 dengan jumlah 389 jemaah. 

Berkurangnya jumlah jemaah ini  diungkapkan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail, dalam laporannya selaku Wakil Ketua PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar ketika meyerahkan jemaah haji kloter 16 ke pemerintah daerah asal para jemaah. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

"Jemaah kloter 16 ini berkurang 3 orang dari jumlah semula  389 orang. Ada 3 jemaah yang tanazul atau mutasi ke kloter lain. Ketiga jemaah ini dimutasi (pindah) ke kloter 5, 10 dan 11. Jadi jemaah haji kloter 16 yang kembali tinggal 386 orang, termasuk 4 orang petugas kloter," terangnya. 

Adapun asal daerah dan jumlah jemaah haji yang tergabung dalam kloter 16 ini, lanjut Ikbal Ismail, yaitu Kabupaten Luwu Utara 105 jemaah, Pangkep 93 jemaah, Gowa 72 jemaah, Bulukumba 1 jemaah, Wajo 1 jemaah dan Makass 20 jemaah serta Papua 93 jemaah. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kepada seluruh jemaah haji kloter 16, mantan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar ini berpesan agar jemaah tetap melaksanakan ibadah atau kebiasaan-kebiasaan sebagaimana ketika masih berada di Tanah Suci. 

"Saya minta kepada kita semua agar kebiasan-kebiasaan di Tanah Suci jangan hilang, seperti rutin melaksanakan shalat berjamaah. Semoga bapak ibu sekalian meraih predikat haji mabrur," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title