Polemik Kematian Bayi, Begini Penjelasan Direktur Medik RS Wahidin

RDP DPRD Sulsel soal kematian bayi DAN
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Peristiwa kematian bayi DAN masih terus berpolemik. DPRD Sulawesi Selatan pada Jumat kemarin telah menggelar rapat dengar pendapat dengan menghadirkan sejumlah pihak, termasuk perwakilan dari Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Pasca pertemuan, kepada sulawesi.viva.co.id, Direktur Medik RS Wahidin Sudirohusodo, dr Nukman menyampaikan kronologis hingga bayi DAN mengembuskan napas terakhir.

Dia mengatakan, bayi DAN masuk IGD RS Wahidin pada Kamis malam, 14 Juli 2022, sekitar pukul 22.28 WITA, dengan keluhan benjolan pada kedua lipatan paha dan daerah umbilikalis yang dialami sejak usia dua pekan pasca kelahiran.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Sebelumnya, pasien ini dirawat di RSUD Syeikh Yusuf Gowa dengan keluhan sesak.

"Oleh dokter triage, pasien ini di arahkan ke bagian bedah anak. Pada tanggal 15 Juli 2022, dokter bagian bedah anak melihat pasienya karena ada riwayat Kejang, demam dan diare sebanyak 5 kali, maka dikonsul ke dokter neuro pediatrik dan dokter gastro pediatrik," kata dr Nukman, Sabtu, 13 Agustus 2022. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kemudian pada hari yang sama, dia melanjutkan, pasien dipindahkan ke ruang perawatan Lontara 5 bagian depan sambil dikonsultasikan ke dokter pediatrik kardiologi dengan hasil foto thorax dextro cardia. Juga dikonsulkan untuk kerjasama ke dokter pediatrik respi karena ada keluhan sesak. 

"Tanggal 18 Juli 2022, konsul ke dokter anestesi untuk persiapan operasi, dan ada jawaban konsul: saat ini belum optimal untuk tata laksana operasi. Usul lanjut terapi dari respi anak dengan target demam, batuk dan ronchi menghilang, transfuse PRC bila tidak demam. Pada tanggal 19 Juli 2022, dikonsulkan ke pediatrik divisi hematologi onkologi dengan hb rendah," ujar dr Nukman.

Halaman Selanjutnya
img_title