Alhamdulillah, Belum Ada Laporan Duka dari Jemaah Haji Makassar

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.
Sumber :

Sulawesi.viva.co.id - Ketua PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar, Khaeroni, menyampaikan bahwa secara umum, PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar, menyatakan siap menerima kepulangan jemaah haji yang berasal dari 8 provinsi di Indonesia Timur.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

“Embarkasi Haji Makassar (UPG) berjumlah 7320 orang jemaah haji, dan alhamdulillah sampai saat ini belum menerima kabar adanya jemaah haji yang meninggal dunia, apalagi sakit parah,” ujarnya, Selasa, 12 Juli 2022.

Sementara itu, Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail, yang juga selaku sekretaris PPIH Embarkasi Makassar, mengatakan PPIH sudah menyiapkan fasilitas Poliklinik kesehatan di Asrama haji Sudiang, Makassar. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Dia menjelaskan, PPIH melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan Kanwil Kantor Kesehatan Perlabuhan (KKP) juga sudah menyiapkan ambulans dan rumah sakit rujukan terdekat jika ditemukan jemaah haji dalam keadaan darurat kesehatan yang butuh penanganan lebih lanjut. 

"Kemudian di asrama haji, kami akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan agar menyiapkan tim untuk memeriksa jemaah haji yang baru datang. Jadi mereka akan melakukan screening dengan thermal scanner," terang Ikbal.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

"Apabila ditemukan gejala-gejala Covid-19, maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni antigen atau PCR. Apabila ditemukan reaksi ringan, maka akan dilakukan isolasi oleh Satgas Covid daerah. Apabila ditemukan reaksi berat, maka akan dilarikan ke rumah sakit yang telah ditetapkan," jelasnya.

Ikbal melanjutkan, setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi/kepulangan, jemaah haji akan diberikan kartu kewaspadaan kesehatan yang berisi data-data mengenai kesehatan jemaah. 

Halaman Selanjutnya
img_title