Jelang Kepulangan ke Tanah Air, Jemaah Haji Terserang Batuk dan Flu

Jemaah Haji Indonesia. Foto: Kemenag.go.id
Sumber :

Sulawesi.viva.co.id – Menjelang agenda kepulangan ke Tanah Air, jemaah dilaporkan mengalami batuk-batuk, terutama jemaah yang berasal dari sebagian Sumatera, Sulawesi dan Papua. 

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Dilansir dari Kemenag.go.id, sejak dimulai shalat di Masjidil Haram, Kota Suci Makkah, suara merdu imam beradu dengan suara batuk jemaah. Bahkan alunan surat pendek Alqur'an yang dibacakan imam tenggelam oleh batuk bertalu-talu dari jemaah yang tidak kuasa menahannya. Saat satu jemaah batuk, maka seperti diorkestrasi, jemaah lainnya menimpali dengan batuk lagi. Begitu hingga selesai shalat dan melaksanakan zikir usai shalat. 

Fenomena ini hampir terasa merata di tempat berkumpul jemaah, terutama di masjid-masjid. Orkestra batuk-batuk jemaah ini biasanya terjadi paska puncak haji yang menyita tenaga jemaah. Selain karena cuaca, kondisi  fisik jemaah cenderung menurun seiring dengan aktivitas ibadah jemaah yang naik, selain shalat wajib di Masjidil Haram. Banyak jemaah yang seperti “kejar setoran” melakukan umrah sunnah berkali-kali bahkan hingga 9 kali lebih.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Pakayanto (62), jemaah asal Papua kloter 17 yang ditemui usai shalat, mengaku sudah tiga hari lebih batuk-batuk dan flu. Salah satu pemicunya, ia minum air dingin sehingga mengakibatkan radang tenggorokan.

“Sudah tiga hari lebih batuk dan flu, mungkin karena cuaca dan minum air dingin,” kata Pakayanto, pria asal Pulau Jawa, yang merantau ke Papua sejak lajang itu. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kondisi serupa dialami Abdurrahman (39), jemaah asal Makassar, sudah dua hari batuk dan flunya tak kunjung reda, meski sudah diberi obat oleh dokter yang siaga di hotel, tidak jauh dari tempat ia menginap. Pemicunya juga karena minum air dingin saat cuaca terik, dan kelelahan karena mobilitasnya dari hotel ke masjid untuk ibadah.

Sudah lima hari lebih juga dialami oleh Nurnis (64) jemaah haji asal Jambi yang mengalami sakit flu dan batuk. Ia bercerita, bila ada satu jemaah lain batuk, maka ia pun batuk-batuk.

Halaman Selanjutnya
img_title