Nelayan Selayar Tewas Usai Lempar Bom Ikan Di Laut

Ilustrasi.
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id-Seorang nelayan Dusun Tinanja, Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Selayar tewas usai lempar bom ikan di perairan Taka Gantarang wilayah Taman Nasional Taka Bonerate.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Korban bernama Panji (26) salah satu nelayan Dusun Tinanja, ditemukan dua hari setelah tewas akibat ledakan bom ikan yang ia dan rekan nelayannya, Dandi lempar ke laut. Menurut rekan korban, kejadian terjadi pada Rabu, 6 September 2023. Sekitar pukul 09.00 Wita, saat tiba di perairan  Taka Gantarang  wilayah Taman Nasional Taka Bonerate, Panji dan Dandi melakukan aktifitas melaut dengan menggunakan Bom ikan. Keduanya berangkat dari Desa Tarupa menggunakan kapal balapan atau jolor dan sampan kecil. Setelah tiba di Perairan Taka Gantarang saudara Panji melakukan aktifitas menggunakan sampan kecil untuk melakukan pelemparan bom ikan.

Bom ikan yang diperkirakan menggunakan jerigen 5 liter berhasil dilempar saudara Panji, akan tetapi saudara panji yang menggunakan sampan kecil untuk melakukan aktifitasnya belum sempat untuk pergi dan bom tersebut meledak mengenai Saudara Panji, yang menurut informasi mengakibatkan saudara panji terlempar ke atas efek terkena ledakan bom tersebut hingga yang bersangkutan meninggal di lokasi kejadian, dengan kondisi bagian tubuh yang hancur.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Dandi yang berada di lokasi kejadian langsung memeriksa dan mencari Panji yang terkena ledakan bom, namun setelah berkeliling mencari belum ditemukan bagian tubuh dan kondisi dari Panji. Dandi yang panik dan belum menemukan saudara panji memutuskan untuk kembali ke Desa Tarupa untuk meminta bantuan mencari bagian tubuh  Panji. 

Pada Kamis, 7 September 2023, tubuh korban Panji baru ditemukan. Setelah itu, polisi langsung menywrahkan jasad korban kepada pihak keluarga dan dilakukan proses pemakaman oleh pihak keluarga. 

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

"Sudah ditemukan (jenasah korban) dan sudah diserahkan kepada keluarga. Keluarganya sendiri yang jemput," jelas Kasat Reskrim Polres Selayar, Iptu  Nurman Matasa, Jumat, 8 September 2023