Alhamdulillah, Kloter 15 Tiba dengan Selamat di Makassar

Sambut Jemaah Haji
Sambut Jemaah Haji
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id – Kloter 15 Embarkasi Debarkasi Makassar tiba dengan selamat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, pada Rabu kemarin.

 

Rombongan jemaah haji dalam kloter ini berjumlah 393 orang, termasuk dengan petugas yang mendampingi.

 

General Manager PT. Garuda Airlines, Putu Tedy Wiryawan, mengatakan cuaca ekstrim yang saat ini melanda Arab Saudi membuat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) memulangkan para jemaah dengan sangat hati-hati.  

 

“Kami memohon maaf kepada jemaah Kloter 15 karena hanya 113 koper jemaah yang bisa dibawa oleh pesawat, dan 280 masih ada di Madinah,” ujarnya.

 

Menurut Putu, suhu ekstrim yang mencapai 46 derajat Celsius mengurangi kemampuan daya angkut pesawat sehingga keputusan tidak mengangkut semua koper jemaah terpaksa dilakukan. 

 

“Barang yang tertinggal di Madinah akan diangkut oleh pesawat kloter selanjutnya, yaitu kloter 16,” ucapnya.

 

Wakli Sekretaris PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar, Solihin, secara langsung menyerahkan para jemaah haji kloter 15 itu kepada Pemerintah Provinsi Papua secara resmi, dan selanjutnya menjadi tanggungjawab pemerintah Papua untuk memulangkan para jemaah haji ke kampung halamannya.

 

Dia menyampaikan, pemerintah sangat berharap para jemaah yang kembali ke kampungnya masing-masing menjadi agen perubahan di lingkungannya dan menceritakan bagaimana pelayanan panitia selama melaksanakan ibadah haji. 

 

Selain itu, jemaah haji diharapkan menjadi teladan di masyarakat karena telah melaksanakan ibadah haji. 

 

Kloter 15 terlebih dahulu menginap di Asrama Haji Sudiang Makassar, dan pada hari ini mereka akan terbang ke Papua dengan menggunakan penerbangan domestik.