Kloter Terakhir Jemaah Haji Embarkasi Debarkasi Makassar Telah Tiba

Jemaah Haji di Asrama Haji Sudiang Makassar
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id -  Seluruh jemaah haji dari 8 provinsi di bagian timur Indinesia yang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Makassar dalam19 kelompok terbang (kloter) telah tiba kembali di Tanah Air, Sabtu 12 Agustus 2022. 

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Kloter terakhir yang tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan pesawat Garuda Airways GA1912 ini adalah kloter 19 yang mengangkut jemaah asal Kabupaten Jeneponto sebanyak 157 jemaah, Makassar 1, dan Sidrap 9 jemaah. 

Tercatat total jumlah jemaaj haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi sebanyak  7230 orang, dan yang kembali ke Tanah Air 7.224 jemaah. sebagaimana disampaikan Kabid PHU Ikbal Ismail dalam laporannya pada prosesi penerimaan dan penyerahan kloter 19 ke Pemerintah Daerah masing-masing yang digelar di aula Arafah Asrama Haji Makassar. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

"PPIH Embarkasi Makassar mencatat dalam pelaksanaan haji kali ini tiga orang meninggal dunia, yaitu dua orang asal Provinsi Maluku Utara dan satu orang dari Provinsi Maluku, serta tiga lainnya masih tinggal di Arab Saudi karena menjalani perawatan di rumah sakit," kata Kabid PHU Kanwil Kemenag Sulsel, Ikbal Ismail, dalam laporannya pada prosesi penerimaan dan penyerahan kloter 19 ke pemerintah daerah masing-masing yang digelar di Aula Arafah Asrama Haji Makassar. 

Direktur Pengelolah Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Kemenag, Jaja Jailani, mengungkapkan bahwa berdasarkan pengakuan dari jemaah haji yang telah tiba di Tana Air, pelaksanaan haji tahun ini berjalan lancar dan pelayanan kepada jemaah sangat baik. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

"Alhamdulilah rangkaian pelaksanaa ibadah haji mulai proses perencanaan, pelaksaan, pemberangkatan dan pelaksanaan ibadah di Saudi Arabia hingga  pemberangkatan kembali ke Tanah Air berjalan lancar. Kita Banyak mendapat apresiasi dari jemaah yang disampaikan kepada kami, mulai dari hotelnya, bus Shalawat dan konsumsinya," terangnya. 

Jaja kemudian menyampaikan pesan kepada seluruh jemaah yang baru tiba dari Tanah Suci agar ibadahnya tetap dipelihara, bertutur kata dengan kalimat yang menyejukkan serta kepedulian sosialnya harus terus ditingkatkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title