Viral Jenazah Ditandu Sejauh 13 Km di Mamuju

Jenazah Ditandu di Mamuju
Jenazah Ditandu di Mamuju
Sumber :
  • Facebook Fenny Tadius

Sulawesi.viva.co.id – Beredar sebuah video jenazah ditandu sekelompok warga lantaran Puskesmas disebut menolak meminjamkan mobil ambulans.

Peristiwa itu terjadi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Konon kabarnya jenazah itu terpaksa harus ditandu menuju ke rumah duka di Desa Kandobulo, Kabupaten Mamuju, yang berjarak 13 kilometer, karena Puskesmas setempat enggan memberikan mobil ambulans.

“Memang ambulans itu hanya untuk orang sakit?” tulis akun Facebook Fenny Tadius, yang memosting video itu.

Dia menyampaikan, kisah memilukan itu terjadi pada Selasa, 9 Agustus 2022. Kala itu orangtuanya wafat di Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, karena pihak Puskesmas setempat tidak bersedia meminjamkan mobil ambulans, terpaksa jenazah itu ditandu.

Dia mengaku, yang membuatnya sangat kecewa karena sopir ambulans yang tak lain ada keponakannya sendiri, tidak bisa berbuat apa-apa.

“Adalah ponakan saya sendiri, yang mana selama ini dia yang mengantar orang sakit jika melakukan pengobatan lanjut atau rujukan ke kabupaten, tapi ketika orangtua atau neneknya sendiri, dia tidak bisa antar memakai ambulans tersebut. Untuk kasus ini, ponakan saya hanya bawahan, dan apapun yang dia lakukan harus atas keputusan kepala Puskesmas tersebut,” terang Fenny.

Warganet pun turut mengomentari postingan video itu.

“Eii, aturan Indonesia. Semoga sampai di Jokowi ini melihat keadaan,” tulis Danii Elmy.