Kemenag Sulsel Gelar Kemah Merdeka Toleransi

Pembukaa Kemah Merdeka Toleransi
Pembukaa Kemah Merdeka Toleransi
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Selatan menggelar Kemah Merdeka Toleransi, di Pondok Pesantren Darul Ulum, Pakkatto, Kabupaten Gowa, mulai Senin hingga Rabu, 17 Agustus 2022.

 

Kegiatan itu diikuti siswa lintas agama dan budaya yang berasal dari sekolah dan madrasah dari seluruh kabupaten/kota se-Sulsel.

 

Pembukaan acara itu dikemas dalam bentuk upacara yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana, yang memulai sambutannya dengan pekikan merdeka.

 

Mantan Kapolda Jawa Barat itu menyatakan sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut, sebab sangat sejalan dengan semangat kemerdekaan Republik Indonesia.

 

“Saya apresiasi event ini, sebab sarat dengan pesan persatuan yang menjadi nilai perekat bagi seluruh kekayaan heterogenitas yang dimiliki bangsa Indonesia, karenanya saya berharap event dan kegiatan seperti ini harus terus digalakkan dan dilanjutkan setiap tahunnya," ucap Kapolda Sulsel.

 

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan perbedaan dan keberagaman adalah keniscayaan. Persatuan dan persaudaraan adalah keharusan. Indonesia ada dan bertahan karena adanya keberagaman. 

 

“Nilai ini harus diwariskan kepada anak cucu serta generasi muda kita,” tuturnya.

 

Adnan menyampaikan, Kabupaten Gowa sebagai tuan rumah pelaksanaan Kemah Merdeka Toleransi menganggap sangat bermanfaat dan bisa dijadikan role model bagi seluruh elemen masyarakat yang cinta akan kedamaian dan kerukunan.

 

“Karenanya, saya ucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenag Sulsel dan FKUB yang telah menginisiasi acara yang penuh manfaat ini,” terang Adnan.

 

Puncak Event Merdeka Toleransi ini akan digelar pada 20 Agustus 2022 berupa pawai dan karnaval merdeka yang rencananya akan diikuti 10 ribuan peserta lintas agama dan budaya di Sulsel.

 

Juga akan ada iring-iringan kendaraan hias tematik, termasuk di dalamnya personel TNI dan Polri serta kendaraan panser dan tank dari Kodam XIV Hasanuddin. Titik star dan finishnya di Lapangan Karebosi Makassar.