Emak-emak Adang Pendemo BBM di Kampus Unhas Makassar

Seorang emak-emak adang pendemo di Kampus Unhas Makassar
Seorang emak-emak adang pendemo di Kampus Unhas Makassar
Sumber :
  • Muhammad Akhdan/Sulawesi.VIVA.co.id

Sulawesi.viva.co.id - Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar aksi unjuk rasa memprotes kenaikan harga bahan bakar minya (BBM), di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Kamis sore, 8 September 2022.

Massa sampai menutup jalanan yang tepat berada di pintu 01, jalanan masuk ke dalam kampus merah itu.

Di tengah kemacetan panjang, tiba-tiba muncul seorang emak-emak berjilbab warna hijau mengadang mahasiswa dan menasihati mereka.

"Tugas kalian belajar. Kalau kalian mau jadi presiden, silakan....." ujarnya di tengah bisingnya suara teriakan mahasiswa dan bunyi klakson kendaraan.

Sempat ada seorang mahasiswa yang meladeninya, namun itu tak bertahan lama. Emak-emak tersebut terus saja berceloteh di belakang mahasiswa.

"Kamu udah ngerugiin banyak orang. Liat, liat, liat, orang yang tersiksa," tuturnya. "Sumpah. Saya itu orang Makassar asli, saya maluuu," ucap emak-emak itu.

Mahasiswa kembali turun ke jalanan sebagai bentuk protes terhadap kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak. 

Hampir seluruh kampus di Kota Makassar melakukan tindakan serupa. Sebelumnya, demo di kampus Universitas Negeri Makassar, beberapa hari yang lalu, berujung kericuhan yang melibatkan antara mahasiswa dan aparat kepolisian.