Relawan Wahdah Inspirasi Zakat Evakuasi Korban Gempa Turki Dalam Kondisi Masih Hidup

Kegiatan evakuasi korban gempa di Turki.
Sumber :
  • Istimewa

Turki - Tim penyelamat dari Organisasi Internasional, IHH Turki, bersama dengan relawan Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ) dari Indonesia, berhasil mengevakuasi sejumlah korban gempa dalam kondisi masih hidup pada Jumat hingga Sabtu kemarin. (11/2/2023).

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Andi Muh. Fazli A.S. Parewangi, relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Wahdah Inspirasi Zakat (Laznas WIZ), mengatakan ada lima warga yang tertimbun bangunan di Kota Kahramanmaras yang berhasil ditemukan dalam kondisi hidup.

“Alhamdulillah, pagi subuh hingga siang jam 12.00 (waktu Turki), kita mencoba evakuasi. Atas pertolongan Allah, kita temukan lima orang yang masih hidup,” lapornya melalui grup internal WA WIZ Turki.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Fazli, yang merupakan mahasiswa asal Kota Makassar, Indonesia, yang sementara kuliah di Turki, menyampaikan Kota Kahramanmaras, Turki, salah satu kota yang paling parah dilanda gempa terburuk di kawasan itu dalam hampir satu abad. Bahkan bau mayat manusia menyengat.

Tetapi ketika para kru memasuki hari keenam mencari para korban di bangunan yang rata dengan tanah, mereka menemukan beberapa anak dan orang dewasa dalam kondisi selamat, melewati tenggat waktu puluhan jam ketika korban selamat dianggap paling mungkin ditemukan. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Tim relawan WIZ selama beberapa hari terakhir telah melakukan pendistribusian bantuan ke sejumlah lokasi terpencil yang terdampak gempa di Turki.

WIZ merupakan organisasi zakat dan kemanusiaan yang dinaungi ormas Wahdah Islamiyah.

Halaman Selanjutnya
img_title