Steril Dari Flu Babi, 7 Kabupaten Ini Dihimbau Lakukan Biosecurity

Nurlina Saking-Kadis nakkeswan Sulsel
Sumber :

Sulawesi.viva.co.id-- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Sulawesi Selatan (Sulsel) menghimbau tujuh kabupaten kota yang belum terkontaminasi Virus African Swine Fever (ASF) atau flu babi Afrika agar melakukan biosecurity pada ternak babi mereka.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Dari 10 kabupaten kota yang memiliki ternak babi, tiga diantaranya sudah terkontaminasi Virus ASF, yakni Luwu Timur (Lutim), Luwu Utara (Lutra) dan Gowa. Sedangkan tujuh kabupaten kota yang masih steril dari Virus ASF diantaranya, Maros 3.274 babi, Wajo 440 babi, Pinrang 7.164 babi, Tana Toraja 346.710 babi, Palopo 869 babi, Luwu 15.899 babi dan Toraja Utara 452.677 babi.

Kepala Dinas (Kadis) peternakan dan kesehatan hewan, Sulawesi selatan, Nurlina Saking mengatakan, sejak Virus ASF terdeteksi pada babi ternak di Gowa, pihaknya sudah mengirimkan edaran ke kabupaten kota agar menerapkan sistem biosecurity.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Biosecurity adalah program yang dirancang untuk melindungi ternak dari bebagai serangan penyakit atau sebagai langkah awal dalam pengendalian wabah penyakit. Disnakkeswan Sulsel juga meminta agar tidak ada pengunjung atau peternak dari daerah tertular yang berkunjung ke lokasi ternak babi yang steril dari Virus ASF.

Kemudian, jika babi sehat terlanjur masuk ke wilayah terkontaminasi, jangan sampai berkembang. Sehingga harus desinfeksi agar tidak terserang. Kita sudah minta untuk menutup dulu memasukkan ternak babi dari daerah tertular.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kalau ini bisa diterapkan dengan baik maka akan bisa menekan penyebarannya," jelas Nurlina Saking kepada Viva.co.id, Jumat, 19 Mei 2023.

Selain itu, lanjut perempuan berhijab ini, ia meminta agar peternak yang lokasinya terkontaminasi virus tidak mengirim keluar ternak babi yang sakit maupun terlihat sehat. Termasuk daging babinya.

Halaman Selanjutnya
img_title