Temukan Penyebab Utama Harga Telur Meroket, KPPU Makassar Prediksi Juli Kembali Stabil

Harga Telur Meroket, KPPU Makassar Prediksi Juli Kembali Stabil
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id-- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil VI Makassar menemukan dua penyebab utama harga telur meroket disejumlah wilayah di Sulawesi Selatan (Sulsel)

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Hasil monitoring dan pengecekan langsung KPPU Kanwil VI Makassar ke salah satu  sentral telur ada di Terminal Pangkajene Kabupaten Sidrap. Ditemukan bahwa transaksi di sentral penjualan telur pun mulai berkurang pasokannya. 

Beberapa pedagang di sidrap mengaku akibat harga merekot, banyak pedagang dari luar daerah sidrap, mendatangi peternak ayam petelur untuk membeli langsung. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

 

Kepala Kantor Wilayah VI Komisi Pengawas Persaingan Usaha (kppu) Makassar, Hilman Pudjana mengatakan, pasokan telur dipeternak juga dipengaruhi musim pergantian indukan petelur. Ayam petelur diketahui ada masanya untuk bertelur, jadi saat ayam sudah lama dan produksi telurnya mulai sedikit, berarti ayam yang bereproduksi diganti. KPPU Kanwil VI Makassar bersama pemerintah akan berkoordinasi untuk memitigasi agar harga telur stabil.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

"Kemungkinan Juli ayam petelur sudah bereproduksi maksimal kembali. Jadi kita harap tidak akan berlangsung lama lagi," Hilman kepada wartawan, Jumat, 26 Mei. 

Dari hasil monitoring KPPU Kanwil VI Makassar di lapangan, juga menemukan bahwa yang paling berpengaruh yakni konsentrat dan pakan jagung. Harga jagung juga naik hampir Rp 1.000 perkilo. Tentunya untuk para peternak ayam, harga kenaikan tersebut sangat terasa. 

Halaman Selanjutnya
img_title