Sinjai Pastikan 8.000 Sapi Sehat Untuk Idul Adha

Ratnawati -Kabid Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id-Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memastikan 8.000 ekor sapi dalam keadaan sehat untuk dikurban pada Idul Adha tahun ini.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan Dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) DPKH Sinjai, Ratnawati mengatakan, DPKH Sinjai berupaya menjaga ketersediaan, keamanan, dan kelayakan hewan ternak untuk kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah yang akan datang.

Pengiriman sapi kepada konsumen sudah dipastikan aman karena selain dilakukan pengujian laboratorium dilakukan juga vaksinasi. Untuk wilayah  Sinjai sendiri sudah dibentuk tim dan surat tugas untuk pemeriksaan antemortem kepada seluruh hewan kurban. Pemeriksaan ini dikatakan sangat penting untuk memastikan hewan kurban itu layak untuk dikonsumsi

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Diketahui ketersediaan sapi untuk kurban saat ini sekitar 8.000 ekor sapi dari 24.000  populasi sapi di Kabuoaten sinjai. Sapi kurban tersebut terdiri dari berbagai jenis, mulai dari sapi simmental, sapi limosin, sapi bali, sapi brahman, dan sapi angus. Sedangkan untuk kambing yang dipersiapkan untuk kurban sekitar 500 ekor.

Total sapi dan kambing tersebut tidak hanya dikirim untuk wilayah di Sulsel akan tetapi juga dipersiapkan untuk dikirim ke berbagai daerah di luar Sulsel. Setidaknya ada sekitar 500 ekor sapi kurban yang dalam proses pengiriman ke luar daerah. 

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

"Permintaan sapi kurban tahun ini rata-rata dari wilayah Kalimantan dengan berbagai persyaratan teknis seperti diadakannya pemeriksaan laboratorium untuk mengantisipasi adanya penyakit pada hewan kurban," jelas Ratnawati, Rabu 14 Juni 2023.