Soal Jamaah Haji Makassar Pamer Emas, MUI Sulsel : Haji Adalah Role Model Masyarakat

Jemaah haji pamer emas
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id_Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikut menanggapi viralnya jamaah haji asal Makassar yang memamerkan ratusan gram emas yang dipakai saat pulang menunaikan ibadah haji di Bandara Sultan Hasanuddin beberapa waktu lalu.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Menurut Sekretaris MUI Sulsel, Muammar Bakry mengatakan, seharusnya ibadah haji itu  memiliki pesan dan hikmah yang mendalam, terkait dengan posisi hambah dihadapan Allah SWT.  Misalnya dengan ihram  yang hanya  menggunakan dua helai pakaian yang simbol-simbol keduniaan itu ditanggalkan  dalam proses haji.  Ibadah haji seharusnya menunjukkan tidak  ada apa-apa dimata Allah SWT. 

Bacaan tarbiyah menunjukkan pada posisi zero, posisi nol.  Innal hamda wal nimata waka walmul, semua harta, kenikmatan itu milik Allah  SWT dan itu yang tampil di Padang Arafah ketika wukuf. Orang tidak membawa embel-embel  jabatan, tidak membwa harta dan semua menyatu dalm satu tenda di Padang Arafah.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

"Memperlihatkan kelemahannya disisi Allah SWT. Pesan ini seharusnya terbawa setelah haji. Kalaupun ada harta  yang kita miliki itu hanyalah titipan dan itu  bukan milik kita selama-lamanya.  Sehingga orang yang  memiliki harta, tentu hartanya  bukan untuk dibangga-banggakan. Apalagi untuk dipamerkan," jelas Ketua MUI Sulsel, ANDI MUHAMMAD SARDI, Selasa, 11 Juli 2023.

Lanjutnya, justru harta yang dimiliki harusnya semakin dlmendekatkan dengan tuhan  dan juga semakin didekatkan sesama  manusia. Itulah pesan haji. Apalagi untuk mencapai kemakmuran haji harus memiliki  perbedaan pasca setelah haji. Apa dampak positifnya di masyarakat.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

"Karena haji itu adalah role model bagi masyarakat. Semakin banyak haji yang pulang, semakin banyak teladan yang menjadi panutan ditengah masyarakat," tutupnya.