Awal Tahun, Warga Gowa Digegerkan 'Tamu' Tidak Diundang

Tim Rescue Damkar Gowa evakuasi biawak satu meter
Sumber :
  • dokumentasi damkar gowa

Sulawesi.viva.co.id-Memasuki awal tahun 2024, Warga Perumahan Ana Gowa Garden, Desa Bontoala, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa digegerkan dengan munculnya biawak berukuran besar dari dalam salah satu rumah warga. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Kejadian terjadi Senin pagi, 1 Januari 2024, usai merayakan pergantian tahun 2023 ke 2024 pada tengah malamnya, pemilik rumah, Asliana lalu hendak membersihkan area dapur. Saat itu, ia melihat salah satu ubin lantai rumah dibagian dapur pecah dan tidak berada di tempatnya. Khawatir hewan berbahaya masuk ke rumahnya melalui ubin tersebut, ia lalu menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Gowa untuk  memeriksa rumahnya. 

Tidak berselang lama, Tim Rescue Damkar Gowa tiba di lokasi dan langsung memeriksa area dalam rumah hingga ke bagian dapur, saat sedang membongkar barang dibawah meja kompor, seekor biawak hitam berukuran besar   dengan panjang sekitar satu meter mencoba kabur melalui sela2 lemari dan meja makan hingga menyulitkan Tim Rescue. Tidak berselang lama, dengan menggunakan peralatan khusus, Tim berhasil menangkap dan mengevakuasi biawak tersebut. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Damkar Gowa, Syamsul Bahri menerangkan, biawak kini dibawa ke Markas Komando (Mako) Damkar Gowa untuk selanjutnya diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDASulawesi Selatan (Sulsel) untuk dilepas liarkan ke hutan sebagai upaya melestarikan satwa liar.

"Biawak ini tidak berbahaya tapi menjadi keresahan bagi warga. Jadi jika ada Keresahan yang bisa mengancam keselamatan warga untuk segera menghubungi pihak damkar," jelas Syamsul Bahri kepada wartawan.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya