Puluhan Rumah Di Sinjai Rusak Akibat Tanah Longsor

Lokasi Longsor dipasangi garis polisi
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id-Puluhan rumah di Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai rusak parah akibat tanah longsor, dampak intensitas hujan yang terus meningkat di Kabupaten Sinjai. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Salah satu rumah bahkan rata dengan tanah. Usai dihantam longsor pada sabtu 22 Juli 2023 malam kemarin, pemerintah setempat langsung memasang garis polisi di lokasi rumah yang terbawa longsor yang berada di Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai pada Minggu, 23 Juli 2023 tadi.

Diketahui puluhan rumah yang terkena dampak longsor berada di bahu jalan yang dibawahnya adalah jurang. Puluhan rumah yang rusak parah tersebut kini terancam ambruk akibat longsor. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Lokasi tersebut merupakan daerah rawan longsor apalagi kondisi struktur tanah di wilayah itu yang labil. Jika menghadapi  intensitas hujan yang meningkat.

Beruntung saat kejadian sejumlah pemilik rumah termasuk yang rumah yang terbawa material longsor telah mengungsi ke rumah anaknya karena mulai takut saat rumahnya mulai bergoyang.  Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

Kades Gantarang, Insan menjelaskan, meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Di Kecamatan Sinjai Tengah juga diketahui terdapat puluhan rumah yang terancam ambruk dikarenakan berdiri di pinggiran tebing. Bahkan setiap musim hujan terjadi, selalu saja ada rumah yang terkena longsor di wilayah ini.

"Pemerintah setempat hingga kini terus menghimbau warga agar tidak membangun rumah di daerah rawan longsor. Apalagi kondisi struktur tanah diwilayah tersebut yang labil," jelas Insan.