43 Hektar Lahan Hutan Kritis di Gowa Ditanami Pohon

Program penanaman pohon di Gowa.
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa berkomitmen mengembalikan fungsi hutan khususnya pada lahan konservasi hutan kategori kritis. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan penanaman pohon 70.200 pohon di Kecamatan Tinggimoncong dan Tombolopao, Sabtu, 5 November 2022.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pohon pada hutan memiliki fungsi yang sangat baik, terutama dalam menghasilkan udara, oksigen dan air serta mencegah terjadinya bencana longsor. Namun dengan kondisi hutan kritis yang terjadi maka perlu dilakukan upaya-upaya seperti penanaman pohon yang melibatkan seluruh stakeholder dan menjamin pohon-pohon ini bisa tumbuh. 

"Hari ini kita tanam 70.200 pohon dalam rangka peringatan HJG ke 702 Tahun pada 43 hektar di dua kecematan yaitu Tinggimoncong dan Tombolopao. Ini merupakan lokasi hutan kritis hasil survei lapangan dari dinas terkait," ungkapnya. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Adnan mengaku, setiap musim hujan dengan intensitas tinggi di November - Januari pasti terjadi longsor pada beberapa daerah di dataran tinggi meskipun longsor ringan. Sehingga dengan penanaman pohon yang dilakukan akan membantu mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. 

"Saat musim hujan dengan intensitas yang tinggi pasti ada laporan longsor. Jadi gerakan ini setidaknya membantu kita tidak perlu was-was akan terjadinya longsor, karena penanaman ini bukan berbicara 1-2 tahun tapi jangka panjang 10-20 tahun kesepan," jelas Adnan. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Sebagai bentuk kolaborasi dari berbagai pihak, pada penanaman ini melibatkan lintas sektoral dan swasta. Salah satunya dari Balai Pembibitan yang memberikan bantuan bibit sebanyak 60.000 bibit pohon. 

Olehnya ia berharap penanaman ini bisa mengembalikan fungsi hutan agar menjadi manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat yang mengahsilkan udara, oksigen dan air yang baik. 

Halaman Selanjutnya
img_title