6 Bulan Krisis Air Bersih, Pemkab Bone dan Brimob Bantu Salurkan Air Bersih Di 3 Kecamatan

Yon C Bone Brimob Polda Sulsel Distribusikan 8 Ribu Liter Air Bersih
Sumber :
  • Sulawesi.viva.co.id

Sulawesi.viva.co.id-Sekitar enam bulan krisis air bersih melanda tiga kecamatan di Kabupaten Bone, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone bersama Batalyon C Pelopor Brigade Mobile (Brimob) Bone memberikan bantuan  air bersih di tiga kecamatan paling berdampak. 

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Sekitar delapan ribu liter air bersih di salurkan Pemkab Bone dalam hal ini PDAM dan Dinas Sosial Bone bersama Sat Brimob Bone. Tiga kecamatan tersebut yakni Kecamatan Tanete Riattang, Kecamatan Tanete Riattang Timur dan Kecamatan Tanete Riattang Barat. 

Diketahui sejak Maret 2023 sejumlah kecamatan yang ada di kabupaten bone dilanda kekeringan. Namun pada bulan Agustus kersediaan air disejumlah kecamatan juga telah mengering. Akibatnya warga terpaksa harus membeli air bersih  diangkut mobil dari Kota Bone. Sementara warga lain juga banyak yang memilih menempuh  jarak hingga puluhan kilo untuk mendapatkan air bersih. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Kini warga bisa terbantu dengan disalurkannya delapan ribu liter air bersih sejak Minggu, 3 September 2023. Warga pun memanfaatkan kesempatan tersebut dengan mengumpulkan air menggunakan jerigen hingga galon. Sejumlah titik pendistribusian air bersih disasar dengan jumlah 50 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di dua kelurahan di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Sementara itu 80 KK di lingkungan Coppo Leang, Kelurahan Macanang,  Kecamatan Tanete Riattang Barat dan 20 KK di lingkungan Mattirowalie, Dusun Labempa, Kelurahan Walannae, Kecamatan Tanete Riattang.

"Kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan ini akan terus dilakukan disejumlah lokasi selama musim kemarau. Apalagi fenomena badai el nino yang berdampak meningkatnya pemanasan suhu muka laut serta terbatasnya ketersediaan air," jelas Danyon C Bone Brimobda Sulsel, Kompol Nur Ichsan.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya