Pelajar di Sinjai Mogok Belajar, Pintu Masuk Sekolah Diblokir

SMA Negeri 5 Sinjai
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Aksi mogok belajar siswa di SMA Negeri 5 Sinjai, Kabupaten Sinjai, masih berlanjut hingga, Jumat, 26 Agustus 2022.

Bahkan, sejumlah siswa terlihat memasang spanduk dengan menutupi pintu masuk ke sekolah. Tidak ada aktivitas belajar mengajar di sekolah itu karena pintu utama digembok oleh siswa. Juga tak terlihat adanya guru yang datang pada jam itu.

Menurut Nurdin, pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI), banyak masalah di SMA Negeri 5 Sinjai, terutama terkait penerimaan 5 siswa yang merupakan terpidana kasus pembunuhan.

Dia menyebut, penerimaan kelima siswa dari Rutan Sinjai tersebut menimbulkan penolakan dari kalangan siswa lainnya.

Sementara itu, Kepsek SMAN 5 Sinjai, Aliyuddin, menuturkan penerimaan 5 siswa tersebut adalah hasil koordinasi dari Kacapdin, PPA, dan permintaan orangtua siswa.   

"Saya tidak bisa menolak, karena tidak ada dasar hukumnya. Karena itu saya tidak bisa menolak," katanya.

Aksi mogok belajar telah berlangsung selama dua hari di SMA Negeri 5 Sinjai. Mereka memprotes kepala sekolah yang diduga mengakomodir 5 orang siswa untuk dititip belajar di SMAN 5 Sinjai, yang tengah menjalani proses hukum akibat pemukulan yang berujung pada kematian seorang remaja beberapa waktu lalu.