Ribuan Pendaki Padati Gunung Bawakaraeng Jelang HUT RI ke-77

Basarnas Sulsel
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Menjelang perayaan 17 Agustus 2022 yang jatuh pada Rabu besok, pendaki mulai beramai-ramai ke Malino untuk melakukan pendakian ke Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Sejak Senin kemarin, para pendaki, baik yang menggunakan roda dua atau pun roda empat, telah bergerak ke arah Malino. Mereka terlihat di jalur di depan kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Samata, Kabupaten Gowa. Tampak dari peralatan pendakian yang mereka bawa. 

Basarnas Sulawesi Selatan mencatat, H-1 Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia, total pendaki yang sudah terdata sebanyak 1.139 orang. Mereka tersebar di Lembanna, Lembah Ramma, puncak Bawakaraeng dan di Gunung Bawakaraeng.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Basarnas Sulsel telah menyiapkan Posko Siaga Merah Putih yang akan bersiaga di Gunung Bawakaraeng. 

Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi, mengatakan siaga khusus dilakukan untuk mencegah apabila terjadi masalah yang dihadapi pendaki saat memperingati hari kemerdekaan di Gunung Bawakaraeng.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

Dia menyebut, sebayak 43 personel Basarnas dan 62 organisasi atau potensi SAR yang terbagi dua bagian, yakni 120 personel di penjagaan di atas gunung, dan 180 personel disiagakan di lereng gunung.

"Sekitar 300 personel potensi SAR yang disiagakan dalam kegiatan siaga Merah Putih di Gunung Bawakaraeng," ujar Djunaidi kepada media, Selasa, 16 Agustus 2022.