Cuaca Ekstrem, Penumpang Kapal Pelabuhan Makassar Diimbau Selalu Siaga

Sejumlah penumpang turun dari kapal.
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id – General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid, meminta kepada seluruh manajemen dan penumpang kapal di Pelabuhan Makassar untuk selalu siaga dan waspada terhadap cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Sulawesi Selatan, dan terkhusus lagi di Makassar dalam beberapa hari belakangan ini.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Menurut Suhadi, saat ini masyarakat yang menggunakan moda transportasi laut, khususnya yang melalui Pelabuhan Makassar jumlahnya masih cukup tinggi usai liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Saat ini khusus di Pelabuhan Makassar masih cukup ramai, terutama oleh para pemudik yang baru selesai libur Nataru. Melihat kondisi cuaca yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, saya mengimbau kepada seluruh penumpang kapal untuk waspada dan juga selalu memantau prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” kata Suhadi, Kamis, 5 Januari 2023.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

“Bagi petugas di lapangan, saya juga mengimbau agar terus siaga dan waspada terhadap kondisi cuaca saat ini yang cukup ekstrem. Selalu gunakan Alat Pelindung Diri (APD) terutama jika sedang bertugas,” ucapnya. 

Selain itu, Suhadi menyampaikan, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Makassar, Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, PT Pelayaran Indonesia (Pelni), Kantor Distrik Navigasi Kelas I Makassar, Polres Pelabuhan Makassar, dan Badan SAR Nasional atau BASARNAS, untuk bersama-sama mengantispasi kondisi atau situasi yang tidak diinginkan.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Sebelumnya, ada penyampaian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika bahwa cuaca ekstrem kali ini salah satunya ditandai dengan tingginya curah hujan. 

BMKG mengimbau agar masyarakat mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini, yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis, yaitu suatu fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi).

Halaman Selanjutnya
img_title