Jelang Lebaran Idul Adha, MUI Sulsel Keluarkan Maklumat

Pengurus MUI Sulsel
Sumber :

Sulawesi.viva.co.id – Menjelang Lebaran Idul Adha 1443 Hijriyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan mengeluarkan maklumat bernomor 02/DP.P.XXI/VII/2022 tentang lebaran Iduladha 1443 Hijriyah.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Sekretaris Umum MUI Sulsel, Dr KH Muammar Bakry, Lc MA., yang menyampaikan naskah maklumat tersebut, mengatakan berdasarkan keputusan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama Republik Indonesia, menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 jatuh pada 1 Juli 2022, maka hari Raya Idul Adha jatuh pada Ahad, 10 Juli 2022.

Adapun Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan lebih awal 1 Dzulhijah pada 30 Juni 2022. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga memutuskan bahwa Jumat, 8 Juli 2022 adalah hari Wuquf di Arafah, sehingga Lebaran Idul Adha di Arab Saudi jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

"Dua versi Idul Adha di atas merupakan ijtihad dari lembaga yang memiliki otoritas dan kompetensi dalam bidang falakiyah dalam menetapkan hilal bulan qamariyah, baik melalui metode rukyah ataupun metode hisab. Selain dua metode tersebut, hal yang memungkinkan terjadinya perbedaan karena perbedaan letak geografis satu negara yang menyebabkan terjadinya derajat ketinggian hilal yang berbeda-beda," kata Ustaz Muammar melalui keterangannya, Selasa, 5 Juli 2022.

Dia menjelaskan, mengingat kedaulatan suatu negara dalam menetapkan awal bulan qamariyah serta perbedaan metode dalam dua pendekatan, yakni rukyah dan hisab, yang didasari pada Alqur’an dan hadist serta ijtihad para ulama, maka semua pendekatan tersebut mengandung kebenaran. 

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Olehnya, Ustaz Muammar mengingatkan bahwa sangat tidak pantas saling menyalahkan antara satu dengan yang lainnya. Umat Islam dipersilakan memilih sesuai dengan keyakinannya. Pilihan itu adalah rahmat bagi umat.

Adapun konsekuensi perbedaan lebaran itu, kata dia, juga berdampak pada perbedaan pandangan tentang puasa sunnah pada 9 Dzulhijjah. Bagi yang berlebaran pada Sabtu, 9 Juli, maka boleh atau disunnahkan berpuasa 9 Dzulhijjah pada Jumat, 8 Juli 2022. 

Halaman Selanjutnya
img_title