Rel Kereta Api di Sulsel Dijamin Bebas Banjir

Rel kereta api Sulsel
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id - Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Sulawesi Selatan, Iqbal Suhaeb, menanggapi pernyataan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, yang sebelumnya menyatakan potensi dampak banjir besar jika konsep perencanaan rel kereta api secara at grade atau di atas tanah, bukan melayang atau elevated.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

 

Dia menyampaikan, Balai Pengelola Kereta Api (BPKA) Sulsel sudah melakukan visibility study pada wilayah yang akan dilewati rel kereta api di wilayah Makassar.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

 

“Hasilnya Q.50 tahun itu tidak akan banjir. Itu sudah dianalisis dengan konsep debet hujan yang paling tinggi yang pernah ada di Makassar,” ujar Iqbal, Senin, 8 Agustus 2022.

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

 

Menurut mantan pelaksana tugas Wali Kota Makassar itu, sejak awal Pemprov Sulsel sudah melakukan persuratan kepada Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Kereta Api (BPKA), intinya meminta kepada pusat untuk melihat dan menganalisis dampak banjirnya.

 

Kekhawatiran Wali Kota Makassar, lanjut Iqbal, sama yang dialami Pemprov Sulsel sebelumnya, tetapi setelah mendapatkan hasil kajian dari BPKA, yang menyebutkan bahwa di lokasi yang akan dibangun rel secara at grade, bebas banjir hingga 50 tahun ke depan, maka Pemprov Sulsel yakin dan mendukung penuh proyek strategis nasional (PSN) Presiden Jokowi tersebut.

 

Iqbal juga memperlihatkan surat berupa penjelasan teknis debit air dan lain sebagainya di lokasi pembangunan rel at grade di Makassar.

 

Dalam surat bernomor KA.604/4/8/BPKA-SS/2022, yang ditandatangani Ir Ammana Gappa sebagai Kepala BPKA Sulsel, berkesimpulan bahwa berdasarkan hasil survei dan analisis data hidrologi dan hidrolika tersebut, maka desain pembangunan jalur kereta api dari Mandai sampai dengan Parangloe dan perencanaan saluran melintang berupa box culvert untuk melimpaskan debit air telah memperhitungkan tinggi muka air banjir maksimum dan aman terhadap banjir dengan periode Q.50 tahun.

 

“Terlampir data dukung berupa Laporan Survey Hidrologi dan Hidrolika serta Executive Summary DED Intermoda KA ke Pelabuhan Garongkong dan Makassar New Port,” ujar Iqbal membacakan surat “jaminan bebas banjir” tersebut.

 

“Sekali lagi at grade rel kereta api di Makassar itu aman dari banjir. Silakan dibaca suratnya anakisis teknis dari BPKA,” ujar Iqbal sambil memperlihatkan surat dari BPKA.