Muchtar Dg Lau Beberkan Ancaman Radikalisme di Kalangan Mahasiswa

Ustaz Muchtar Dg Lau (kanan)
Sumber :

Sulawesi.viva.co.id - Ketua Forum Ummat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan, Ustaz Muchtar Dg Lau, menjadi pembicara dalam dialog bertema “Pembinaan Komunikasi Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme”, di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Amkop Makassar, Kamis, 30 Juni 2022.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Bersama akademisi Profesor Arifin Hamid dan Asisten Teritorial (Aster) Kodam XIV Hasanuddin, Ustaz Muchtar memaparkan potensi ancaman radikalisme di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

Sosok yang pernah menjalani hukuman dalam kasus bom di Makassar tersebut menyampaikan tentang pentingnya pelajar atau pun mahasiswa diberikan edukasi tentang bahaya radikalisme dan separatisme.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

“Ini sangat penting sebagai benteng bagi anak-anak mahasiswa kita agar mampu terhindar ancaman pengaruh radikalisme dan separatisme,” kata Ustaz Muchtar.

Selain itu, dai ormas Islam Hidayatullah Makassar itu, membeberkan bahwa seringkali yang menjadi korban perekrutan dari kelompok ekstrimis adalah mereka kurang pergaulan dengan masyarakat umum, cenderung menutup diri dan memiliki masa lalu yang kelam, serta kurang atau dangkal pemahamannya.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

“Kalau orang seperti ini didapat oleh mentor ekstrimis yang hebat, maka dia akan dengan mudah terpengaruh, sehingga membayakan dirinya, keluarganya dan masyarakat sekitarnya,” ujar Ustaz Muchtar.

Sehingga, dia melanjutkan, untuk dapat menangkal itu ancaman radikalisme dan separatisme itu, yang lebih penting adalah pendekatan dan pemahaman kepada 4 pilar kebangsaan.

Halaman Selanjutnya
img_title