Perayaan 17 Agustus, Pantai Losari Akan Dipenuhi Merah Putih

Gladi Upacara HUT Proklmasi Indonesia ke-77
Gladi Upacara HUT Proklmasi Indonesia ke-77
Sumber :
  • Muhammad Akhdan

Sulawesi.viva.co.id - Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di Kota Makassar akan dipusatkan di Anjungan Pantai Losari pada 17 Agustus 2022.

Sejumlah persiapan kini tengah dilakukan Pemerintah Kota Makassar dalam menyambut hari lahir bangsa Indonesia ke-77 tahun.

“Kita akan selimuti Pantai Losari dengan bendera merah putih. Sepanjang 65 meter dan 77 lembar bendera akan dibentangkan di sisi kiri dan kanan Losari dari arah Anjungan Makassar dan juga Anjungan Bugis. Jadi 38 lembar di sisi kiri, dan 39 lembar di sisi kanan,” ujar kata Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di sela kegiatan gladi di Anjungan Pantai Losari Makassar, Senin, 15 Agustus 2022.

Tak hanya itu saja, dia menyampaikan, Pemkot Makassar juga akan menyiapkan mobil damkar yang akan digunakan sebagai shower merah putih dalam menyemarakkan dirgahayu Kemerdekaan RI.

Di Kabupaten Gowa sendiri, semarak 17 Agustus telah digelar sejak beberapa hari terakhir, yang bertepatan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-50. Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa melalui Pokja 3 menggelar Lomba Masak Nasi Goreng yang diikuti 18 orang Camat Se-Kabupaten Gowa pada Ahad kemarin. 

Lomba yang dibuka dan disaksikan langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan ini berlangsung di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Minggu (14/8).

Dalam sambutannya, Adnan mengatakan, dengan adanya Lomba Masak Nasi Goreng ini selain sebagai rangkaian Peringatan HKG PKK Ke-50 tahun, juga sebagai rangkaian Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77 tahun. 

"Dari lomba ini mengajarkan banyak hal bagi para suami, bahwa rumah tangga bukan hanya tanggung jawab istri, tetapi juga tanggung jawab suami. Jadi memasak bukan hanya istri yang harus bisa masak tetapi jangan suaminya juga harus bisa," ujarnya. 

Adnan menambahkan, lomba ini sebagai upaya menjaga kekompakan, kebersamaan di antara seluruh Camat, sehingga Kabupaten Gowa ke depan akan jauh lebih baik lagi. 

"Dengan adanya lomba seperti ini, dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan antara kita semua sehingga Insya Allah Kabupaten Gowa ke depan bisa lebih baik lagi di masa yang akan datang," tambah Adnan.

Lomba yang dinilai langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina bersama sejumlah  pengurus TP PKK Kabupaten Gowa ini berhasil ditentukan sebanyak enam juara lomba.

Juara I diraih oleh Camat Bajeng, Sitti Haerani, Juara II diraih oleh Camat Somba Opu, Agussalim dan Juara III diraih oleh Camat Pallangga, Taufik M Akib.

Sementara untuk Juara Harapan I diraih Camat Biringbulu, Muh Natsir, Juara Harapan II diraih Camat Tinggimoncong, Iis Nurismi dan Juara Harapan III diraih Camat Bungaya, Idris Kenang.