Warga Tallo Krisis Air, Proyek Makassar Je'ne Tallasa sebagai Solusi

Diskusi Proyek Makassar Je'ne Tallasa
Diskusi Proyek Makassar Je'ne Tallasa
Sumber :
  • Irfan

Sulawesi.viva.co.id - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), sebuah organisasi nirlaba yang merupakan bagian dari Grup GoTo, bersama dengan changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE), meluncurkan proyek Makassar Je'ne Tallasa, di Hotel Mercure, Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Rabu, 30 November 2022.

Bertema "Mariki’ Wujudkan Masyarakat Sehat dengan Air Bersih", acara itu dihadiri sejumlah pejabat pemerintah dan anggota DPRD Kota Makassar, serta berbagai komunitas sosial.

Chairperson Yayasan Anak Bangsa, Monica Oudang, mengatakan proyek gotong royong itu menerapkan teknologi inovatif yang dapat mengolah air hujan menjadi air minum dipadu dengan edukasi yang membangun kemandirian masyarakat di Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Peluncuran Proyek Makassar Je

Peluncuran Proyek Makassar Je

Photo :
  • Irfan

Dia menjelaskan, Kecamatan Tallo merupakan satu dari lima kecamatan yang mengalami krisis air bersih di Makassar berdasarkan data PDAM Makassar pada 2021.

Sehingga, kata Monica, para changemakers dari Celebes Green Project, Terra Water dan Kopernik, melakukan identifikasi persoalan yang dihadapi warga di kawasan itu.

"Demi air gratis, warga Tallo harus rela terbuang waktu, tenaga serta kesehatan. Mereka pertaruhkan itu semua untuk memperoleh air. Mereka rela menempuh jarak hingga satu kilometer menuju sumur air komunal, dan mengantri selama 2-3 jam untuk mendapatkan air yang tidak layak. Sedangkan untuk mendapatkan air bersih, warga mesti membeli air dari depot, dan merogoh kocek sampai Rp 300.000 per bulan," ujarnya.

Monica menganggap permasalahan krisis air bersih di Kecamatan Tallo cukup mengganggu perekonomian, kesehatan dan kehidupan sosial masyarakat, sehingga dibutuhkan solusi yang tepat. 

"Melihat kondisi tersebut,  ini sangat sejalan dengan komitmen CCE untuk mewujudkan solusi yang sistemik dalam menangani permasalahan air di Indonesia. YABB dan changemakers hadir untuk mewujudkan akses air bersih melalui kolaborasi, teknologi, dan edukasi," terangnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan, yang hadir mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, menyatakan apresiasi atas sumbangsih solusi yang sedang dijalankan Yayasan Anak Bangsa Bisa di Kecamata  Tallo.

Dia pun menyampaikan akan mendukung penuh dalam pelaksanaan program tersebut.

"Apabila Pak Wali Kota Makassar sudah menyatakan mendukung, maka tentu di tingkat bawah juga akan sangat mendukung juga," ujarnya.