Warga Tallo Krisis Air, Proyek Makassar Je'ne Tallasa sebagai Solusi

Diskusi Proyek Makassar Je'ne Tallasa
Sumber :
  • Irfan

Sulawesi.viva.co.id - Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), sebuah organisasi nirlaba yang merupakan bagian dari Grup GoTo, bersama dengan changemakers dari Catalyst Changemakers Ecosystem (CCE), meluncurkan proyek Makassar Je'ne Tallasa, di Hotel Mercure, Jalan AP Pettarani, Kota Makassar, Rabu, 30 November 2022.

Kawanan geng motor serang dan rusak rumah polisi

Bertema "Mariki’ Wujudkan Masyarakat Sehat dengan Air Bersih", acara itu dihadiri sejumlah pejabat pemerintah dan anggota DPRD Kota Makassar, serta berbagai komunitas sosial.

Chairperson Yayasan Anak Bangsa, Monica Oudang, mengatakan proyek gotong royong itu menerapkan teknologi inovatif yang dapat mengolah air hujan menjadi air minum dipadu dengan edukasi yang membangun kemandirian masyarakat di Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

Peluncuran Proyek Makassar Je

Photo :
  • Irfan

Dia menjelaskan, Kecamatan Tallo merupakan satu dari lima kecamatan yang mengalami krisis air bersih di Makassar berdasarkan data PDAM Makassar pada 2021.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Sehingga, kata Monica, para changemakers dari Celebes Green Project, Terra Water dan Kopernik, melakukan identifikasi persoalan yang dihadapi warga di kawasan itu.

"Demi air gratis, warga Tallo harus rela terbuang waktu, tenaga serta kesehatan. Mereka pertaruhkan itu semua untuk memperoleh air. Mereka rela menempuh jarak hingga satu kilometer menuju sumur air komunal, dan mengantri selama 2-3 jam untuk mendapatkan air yang tidak layak. Sedangkan untuk mendapatkan air bersih, warga mesti membeli air dari depot, dan merogoh kocek sampai Rp 300.000 per bulan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title