Setelah Perkara Tuntas Baru Proyek Stadion Mattoanging Dilanjutkan

Desain gambar Stadion Mattoanging Makassar
Sumber :
  • Istimewa

Sulawesi.viva.co.id — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan Stadion Mattoanging Makassar setelah persoalah hukum selesai.

Dihantam Gelombang 2 meter, kapal penangkap ikan, Dewi Jaya 2, terbalik, 22 orang hilang, 11 selamat

“Komitmen kita sangat jelas, hanya saja kan kita mengedepankan sikap kehati-hatian, karena memang ada gugatan kepemilikan dan gugatan ganti rugi. Begitu clear (selesai) ini semua, kita menang secara inkrah, baru aman dari sisi hukum. Tentu kesiapan teknis dan anggaran untuk tahap selanjutnya,” kata Kepala Biro Hukum Sekretariat Pemprov Sulsel, Marwan SH, Selasa, 6 Desember 2022.

Menurutnya, pembangunan Stadion Mattoanging Makassar merupakan sebuah keniscayaan yang akan dilakukan. Buktinya, kata Marwan, setiap tahun dalam APBD Sulsel selalu ada penganggaran untuk stadion tersebut. Pada tahun ini dianggarkan sebesar Rp 66 miliar, sedangkan untuk tahun depan sebesar Rp 60 miliar.

Film Rantemario bertarung dalam 24 Festival Film Internasional

Informasi yang diperoleh, saat ini lahan Stadion Mattoanging Makassar digugat oleh dua penggugat, masing masing Andi Ilhamsyah Mattalatta dan Teddy Anwar. Semua gugatan tersebut masih berproses. Meski sebelumnya Pemprov Sulsel sudah menang di tingkat pengadilan negeri, tapi informasi yang diperoleh, pihak penggugat masih melakukan upaya hukum (banding).

Marwan menyampaikan meski proses hukum sementara jalan, tetapi karena niat Pemprov Sulsel ingin tetap membangun stadion, maka pada anggaran 2023 tetap dianggarkan. 

Lurah Barombong Himbau Masyarakat Agar Tidak Berenang di Pantai Barombong, begini Alasannya

“Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika gugatan kepemilikan lahan Mattoanging selesai dimenangkan oleh Pemprov, dan berkekuatan hukum tetap,” tuturnya.

Di luar anggaran pendamping dari APBD Provinsi Sulsel, ujar Marwan, Pemprov Sulsel juga sudah mengajukan anggaran besar dari APBN pusat untuk pembangunan stadion pada tahun 2023. Sehingga langkah antisipasi dilakukan agar kepastian anggaran pembangunan stadion Mattoangin tetap ada pada 2023 nantinya.